KKN UNS ERA COVID-19 Mendukung Gerakan Kesehatan Masyarakat Untuk Mencegah Rantai Penularan Wabah Covid-19



BANJARNEGARA, JAWA TENGAH - KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu perwujudan dari tri dharma bakti perguruan tinggi. Khususnya pada tahun 2020 ini Universitas Sebelas Maret UNS memberikan wadah bagi mahasiswa untuk berperan serta melawan penyebaran virus covid-19 dengan secara langsung terjun dalam masyarakat melaksanakan KKN atau kuliah kerja nyata, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. KKN UNS era covid-19 memberikan wadah kepada mahasiswa untuk melakukan pengabdian pada daerah tempat tinggalnya, salah satunya yang dilaksanakan oleh Mega Risifasari salah satu mahasiswa pendidikan geografi UNS yang telah mengikuti kegiatan KKN era covid-19 yang dilaksanakan di Desa Pekasiran RT.02/RW.03, Kec Batur, Kab Banjarnegara.

Kegiatan ini dimulai pada tanggal 1 Mei - 16 Juni 2020 dengan mengusung tema besar supporting kesehatan masyarakat di era covid-19 dengan sub tema "mendukung gerakan masyarakat sehat guna mencegah mata rantai penyebaran covid-19" yang dibagi menjadi 4 program kerja utama yaitu edukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan di era covid-19, gerakan cuci tangan, gerakan memakai masker dan gerakan lingkungan sehat.

Kegiatan diawali dengan memberikan edukasi masyarakat pentingnya menjaga kesehatan dengan menempelkan poster di tempat umum dan mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Kegiatan kedua gerakan memakai masker, kegiatan diawali dengan pembuatan masker bersama beberapa ibu ibu di RT.02/RW.03 yang selanjutnya dibagikan kepada masyarakat sekaligus memberikan edukasi pentingnya memakai masker. Kegiatan ketiga yaitu gerakan mencuci tangan yang dilakukan dengan pembuatan tempat cuci tangan di tempat umum dan pemberian sabun beserta poster cara mencuci tangan dengan tepat dan pembagian handsanitizer khususnya bagi penjual makanan sebagai upaya pencegahan dengan menjaga kebersihan tangan. Dan yang terakhir adalah gerakan lingkungan sehat dengan mengajak warga untuk membersihkan pekarangan dan lingkungan tempat tinggal sekaligus penyemprotan disinfektan untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat. Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat dan pemahaman lebih bagi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kesehatan di era covid-19 ini guna memutus mata rantai persebaran virus mulai dari lingkungan terkecil masyarakat. #bersamakitabisa #SalingJaga #KKNeraCovid-19UNS.

Kontak

Mega Risifasari / 085713603193

megarisifa@gmail.com


Komentar