Meningkatkan Proses Pembelajaran Selama Masa Covid- 19 dan Edukasi Penanganan Covid-19 secara Online di Desa Piasa Wetan Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah


              
 Dokumentasi Kegiatan KKN oleh Mahasiswa

(BANJARNEGARA, 19 JUNI 2020) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mulai mengimplementasikan upaya-upaya awal untuk mencegah penyebaran Covid-19 di sekolah-sekolah dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 yang secara garis besar menyarankan praktik higienitas dan sanitasi di sekolah-sekolah. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata UNS Tanggap Wabah COVID-19 di Desa Piasa Wetan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah diselenggarakan dengan 2 metode, yaitu metode daring dan metode terjun langsung ke lapangan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

Program kerja yang dilaksanakan berupa pendampingan dan bantuan penyusunan bahan ajar dan edukasi penanganan Covid-19   secara online melalui video yang disebarkan melalui WhatsApp Group kelas, Pembagian seperangkat alat kebersihan diri dan lingkungan kepada peserta didik yang dilengkapi dengan pedoman terkait Covid-19 untuk mengatasi kesulitan guru SD Negeri Piasa Wetan dalam membuat bahan ajar daring dan edukasi penanganan Covid-19 untuk peserta didik. Kegiatan tersebut merupakan program pertama dalam kegiatan KKN yang telah dijelaskan sebelumnya. Program kedua adalah pembentukan desa mandiri belajar melalui pembuatan video pembelajaran dan edukasi terkait Covid-19 yang akan disebarkan pemuda karang taruna kepada peserta didik disekitarnya melaui Aplikasi Whatsapp untuk menjadi perantara guru/sekolah dan orang tua dalam pemantauan belajar sebagai memaksimalkan pemantauan belajar peserta didik di rumah. Selanjutnya program ketiga, yakni pendampingan Sekolah untuk mengembangkan sistem atau audio visual untuk evaluasi pembelajaran melalui penggunaan Google Form dalam Ujian sebagai solusi mengatasi kesulitan SD Negeri Piasa Wetan dalam mengembangkan evaluasi belajar akhir di masa pandemic.

Semua kegiatan dalam program di atas bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran selama masa covid-19 dan edukasi penanganan covid secara online di lingkungan Desa Piasa Wetan, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah.

Penulis : Dyah Fitriani – PGSD - K7117064

Dosen Pembimbing : Drs. Pangadi., M.Si.


Komentar