Pembagian Handsanitizer Untuk Pencegahan COVID-19 Di Dukuh Karangjati, Desa Margasari Kabupaten Tegal

Margasari- Pada masa pandemi Covid-19 ini, mahasiswa Universitas Sebelas Maret melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa tempat tinggalnya masing-masing. Dimana KKN ini dilakukan tidak seperti tahun sebelumnya karena terkendala oleh pandemik dan himbauan untuk tetap stay at home. Kegiatan KKN yang dilakukan tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa mengurangi efektifitas dari KKN.

Maulidiah Nurdwiningrum, merupakan salah satu mahasiswa FKIP yang melaksanakan KKN dibawah bimbingan Drs. Pangadi., M.Si menyatakan bahwa di masa pandemik seperti sekarang kondisi sosial di masyarakat mulai berubah, banyak orang yang sadar akan bahaya covid-19 namun tidak jarang pula yang mengabaikannya. Sehingga, perlu adanya sebuah inovasi agar masyarakat lebih memperhatikan pola hidup bersih dan sehat dengan mentaati protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh WHO.

Dokumentasi Kegiatan KKN oleh Mahasiswa

“Terobosan yang dilakukan yaitu dengan membuat handsanitizer sendiri kemudian dibagikan ke masyarakat sekitar. Hal ini merupakan salah satu langkah awal untuk menyadarkan masyarakat akan kebersihan diri. Mengingat sejak pandemik covid-19 merebak, harga dari handsanitizer melonjak dan sulit ditemukan sehingga masyarakat yang ingin membeli berpikir dua kali serta sulit untuk membeli. Maka dari itu dibuat sebuah inovasi pembuatan handsanitizer sendiri yang sesuai dengan standar WHO agar tetap menjaga keefektifannya. Handsanitizer sendiri merupakan salah satu anjuran yang digunakan selain dari mencuci tangan. Hal ini dikarenakan handsanitizer mampu menghilangkan bakteri atau virus yang menempel di tangan” tutur maulidiah nurdwiningrum, mahasiswa FKIP UNS ini yang melaksanakan KKN dari Mei hingga Juni di pedukuhan karangjati RT 01/02 Kelurahan Margasari Kabupaten Tegal.

Melalui penyebaran handsanitizer diharapkan masyarakat dukuh Karangjati RT 01/02 ini agar mampu mematuhi protocol kesehatan dan melaksanakan pola hidup bersih serta sehat.

Penulis : Maulidiah Nurdwiningrum - Pendidikan Kimia - K3317048

Dosen Pembimbing : Drs. Pangadi., M.Si.


Komentar