Supporting Pemahaman dengan Mendukung Gerakan Stay at home Untuk Mencegah Rantai Penularan Wabah Covid-19 di Lingkungan RT 02 RW 03 Kelurahan Kedungjenar, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora


(Blora, 16 Juni 2020) Salah satu upaya pencegahan penyebaran corona virus disease-2019 (Covid-19) di lingkungan RT 02 RW 03 Kedungjenar adalah dengan penerapan pola hidup bersih dan sehat dari masing-masing keluarga. Akan tetapi kesadaran masyarakat akan pentingnya hal tersebut masih sangatlah kurang karena masyarakat desa biasa dengan hal-hal yang kurang higenis. Bekerja sama dengan relawan online corona, Mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang bernama Diah Hayu Novita Sari (K7117056) dengan dosen pembimbing lapangan Bapak Drs. Pangadi, M.Si. melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui program KKN UNS Covid- 19 yang berlokasi di RT 02 RW 03 Kelurahan Kedungjenar Blora, yang dilaksanakan pada tanggal 1 Mei-1Juni 2020 dengan mengambil tema “Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19”.

Kegiatan berupa sosialisasi secara online melalui grup ronda bapak-bapak RT 02 RW 03, grup whatsapp PKK dan Arisan ibu-ibu RT 02 RW 03 Kelurahan Kedungjenar dan akun instagram pribadi mahasiswa. Materi yang diberikan yakni seputar Covid-19 dari mulai cara penyebaran hingga cara pencegahan seperti pentingnya menggunakan masker, pentingnya cuci tangan, dan pentingnya di rumah saja. Selain itu penyebaran video edukasi seputar Covid-19 melalui youtube, whatsapp dan instagram menjadi sasaran yang dapat dilihat banyak orang. Melalui media cetak berupa poster yang dipasang di poskamling RT 02 RW 03 yang mudah dijangkau dan banyak dilewati banyak orang. Penambahan inventaris disinfektan dan hand rub yang diserahkan kepada ketua RT yang nantinya akan dipergunakan untuk semprot kawasan RT. Pemberian Ember, Kursi dan sabun  cuci tangan sebagai salah satu upaya penerapan hidup bersih dan sehat untuk warga RT 02 RW 03 di 5 titik per dawis.

Lingkungan RT 02 RW 03 yang masuk dalam Kelurahan Kedungjenar merupakan zona hijau. Wilayah Kelurahan Kedungjenar tidak semua berzona hijau, tetapi masih dapat diatasi dengan mudah dalam upaya pencegahan Covid-19. Beberapa warga sudah bisa menuruti aturan seluruhnya sehingga semuanya bisa merasa aman. Akan tetapi ada satu hal yang mengkhawatirkan masyarakat, yaitu dengan adanya pendatang baru atau biasa disebut pemudik, namun di lingkungan RT 02 RW 03 tidak banyak pemudik sehingga masih bisa diatasi.

Kegiatan KKN UNS Covid-19 ini telah berhasil dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat terkait edukasi kepada warga sehingga warga bisa melaksanakan pola hidup bersih dan sehat. “Adanya mahasiswa yang melakukan KKN di sini sangat membantu warga-warga melalui edukasi dan pembagian ember dan sabun cuci tangan agar warga semakin taat dan patuh dalam menjalankan PHBS.” Ujar Ketua RT 02 RW 03 Kedungjenar. (Minggu, 14 Juni 2020).


Komentar